SILABUS
No | Materi Pokok | Kompetensi | Alokasi Waktu |
1 | Sistem pembelajaran dan pengajaran serta prolog. |
| 1 x 60 menit |
2 | Bab I dan Bab II |
| 1 x 60 menit |
3 | Bab III (Mahfudhatul Asma dan Tawabi’) | Mengenal, memahami, dan mampu menentukan huruf jér, jumlah idhofah, tawabi’nya, I’rob dan syakalnya.
| 1 x 60 menit |
4. | Bab III (Marfu’atul Asma) |
|
|
5 | Bab III (Manshubatul Asma (maf’ul bih - la) | Mengenal, memahami, dan mampu menentukan kedudukan maf’ul bih, masdar, dhorof, hal, tamyiz, istisna la dengan penjelasannya lengkap dengan I’rob dan syakalnya.
| 1 x 60 menit |
6 | Bab III dan Bab IV Manshubatul Asma (Nida’, Maf’ul liajlih, Maf’ul Ma’ah dengan I’rob, dan syakalnya). |
| 1 x 60 menit |
7 | Test | Sasaran dan target. Mengetahui kemampuan tentang rumus-rumus baik rumus isim maupun rumus fi’il (jumlah ismiyah dan jumlah fi’liyah)
| 1 x 60 menit |
8 – 10 | Pendalaman praktek huruf jér dan idhofah |
| 3 x 60 menit |
11 | Test | Mengetahui kemampuan dan praktek tentang materi huruf jer dan idhofah. | 1 x 60 menit |
12 – 15 | Pendalaman praktek mementukan titik, koma, awal kalimat, dan membahas per-kata (rumus utama, A1, A2, dan B1, B2. |
| 4 x 60 menit |
16 | Test | Mengetahui kemampuan tentang materi dan praktek dalam menentukan titik dan koma.
| 1 x 60 menit |
17 – 19 | Pendahuluan praktek merangkai kalimat (menentukan mub-tada’ khobar fi’il fa’il, naib fa’il, marfuatul asma) |
| 3 x 60 menit |
20 | Test | Mengetahui kemampuan tentang marfu’atul asma.
| 1 x 60 menit |
21 – 24 | Pendalaman menentu-kan pelengkap (Manshubatul asma’) |
| 4 x 60 menit |
25 | Test | Mengetahui kemampuan tentang manshubatul asma.
| 1 x 60 menit |
27 – 29 | Pendalaman praktek dalam menterjemah |
| 3 x 60 menit |
30 | Test | Test kemampuan penguasaan total seluruh materi. | 1 x 60 menit
|
Keterangan:
Setiap tingkatan peserta didik harus mencapai nilai minimal 9
Posting Komentar